Senin, 02 Desember 2013

JAM PERTAMA

Kata orang cinta pertama itu susah dilupakan
“Bang,futsal kok malem minggu, kagak punya cewek ya ?” tanya seorang juru parkir
“Kagak, emang situ punya?” Jawab saya sewot .
“Kagak sih bang, saya masih kagak bisa nglupain cinta pertama saya bang” kampret  dia curhat di tempat
“Ealah,lu cari aja lagi ntar juga lupa” saya terpancing buat nanggepin
Susah bang,  dia tu blablablabla..” dia mulai meyebutkan semua hal-hal baik tentang cinta pertamanya itu
“Trus cinta pertamanya abang gimana?” mak deg.  Kampret ini bakal jadi percakapan busuk antara dua manusia yang sama sama ga jelas jenis kelaminnya.
Malam  itu saya ada jadwal futsal, ketika permainan selesai dan kawan-kawan mulai balik, ntah kenapa saya memutuskan untuk lebih lama disitu.

“ciih pulang cepat hanya untuk orang-orang jomblo”
“lemah kalian!!! lemaah!!!”
saya berteriak mengejek kawan-kawan yang pulang.

...5 menit kemudian saya pulang.

Ketika mau pulang bertemulah saya dengan manusia yang kerjaannya galau mulu ini. Saya udah kenal lama sama masnya, tapi sampai sekarang ga pernah tau namanya siapa. Dia terlihat seumuran dengan saya, mungkin lebih muda. Kebetulan saya lagi males pulang terus diajak ngobrol maka saya duduk lagi dan mencoba mendengarkan unek-uneknya sambil memasang headset di telinga.

“Gimana bang punya kagak?” dia tanya lagi.
“Punya, tapi udah lupa”  jawab saya datar.
“Kog bisa bang?” dia mulai kepo.
“Udah lama aja”  jawab saya lirih sambil melihat ke langit mencoba mencari sekumpulan bintang yang mungkin membentuk wajahnya.

Lupa,lama..   
Dua kata itu yang keluar dari mulut saya ketika ditanya lagi tentang dia yang pertama kali membuat saya merasakan jatuh cinta. Lama karena memang benar-benar peristiwa bersejarah itu sudah lama terlewati dan lupa bukan dialamatkan pada orangnya, mungkin lebih tepat pada “rasa”nya.

“Kamu gimana”?  saya balik tanya
“Gini bang, blablablabalabla…..” dia cerita panjang lebar dan saya tertidur lelap. 

Boro-boro tertidur, percakapan ini mau ga mau membuat hati dan pikiran saya kembali ke jaman purba, jaman SMP.  Dimana model rambut ketek belah tengah masih begitu populer dikalangan bocah lelaki.

Saat itu disekolah terbagi dua kubu, geng ketek belah tengah dan geng ketek belah pinggir. Geng ketek belah tengah nongkrongnya di parkiran  sukanya nggegosip  dan geng ketek belah pinggir nongkrongnya di kantin sukanya ngomongin orang. Setiap kedua kubu ini bertemu pasti memakan korban, mereka selalu berkelahi demi mempertahankan kehormatan dan ideologi mereka bahwa ketek merekalah yang paling kece sedunia.  

Cara berkelahi mereka juga tergolong berbahaya karena  bisa menimbulkan nyeri luka berdarah-darah. Mereka berkelahi satu lawan satu membawa kebanggaan geng dihatinya. Mereka saling mencabuti bulu ketek lawannya dengan kejam, brutal dan tak berperi perketekan. Diakhir pertempuran ketek siapapun yang bulu keteknya habis duluan maka dia harus masuk geng pemenang tentu saja yang kalah harus mencium ketek pemenang sepanjang hidupnya, sampai kiamat , sebagai pernyataan kalah.

Itu semua belum cukup, siapa yang kalah harus merawat ketek sang pemenang, ketek pemenang harus mendapat layanan eklusif, ketek pemenang harus selalu mendapat asupan gizi yang cukup, diberi vitamin, susunya juga harus cocok, ketek pemenang tiap menit juga harus diajak ngobrol(biasanya suka diajak nggosipin artis), diajak nyanyi , diajak jalan-jalan, diajak senam, diajak karaoke, kalo keringetan musti dikipasin, tiap malem musti di sms’in “udah bobok belom?” ,trus tiap bulan musti dibawa kesalon buat dicreambat dan smooting pokoknya musti super perhatian deh sama ketek pemenang. Jadi save your ketek.

Sebenarnya saya males ngomongin tentang ketek,tapi apa daya buat mengharumkan nama sekolah terpaksa harus menceritakannya. Mungkin kisah geng ketek ini akan saya ceritakan ditulisan saya berikutnya mungkin masih ada yang penasaran juga dengan masa depan geng ketek ini, bagaimana sekolahnya, kuliah dimana dapat beasiswa ga, begitu juga kehidupan asmaranya, apakah ketek ini akan punya pacar aatau jomblo seumur keteknya, atau malah dapet ketek yang eiman, semuai itu masih misteri , pokonya akan saya ceritakan di tulisan berikutnya. |#salam ketek sedunia #ga ada ketek ga rame #ketek ketek didinding #ketek disurga   

Balik..
Saya mengalami cinta pertama waktu masih  smp, alhamdulillah dia seorang wanita, dulu belum jamannya homo-homoan jadi kaum homo masih minoritas, menjadi kaum lemah dan tertindas, dan kalo sekarang sudah beda, homo dilindungi, dipersenjatai dan mungkin sebentar lagi bakal bikin negara sendiri. Yang baca tulisan barusan  kalo homo pasti ketawa dalam hati. 

Namanya dek yanti (bukan nama sebenarnya) tapi saya manggilnya Deya biar lebih imut. Dia orangnya baik, manis, cantik, taat agama dan beribu-ribu alasan lainnya yang sebenarnya cuma saya karang doang. Sampai sekarang saya tak ingat kenapa saya bisa suka sama Deya. Tapi satu hal yang pasti, dulu saya benar-benar suka sama Deya, dan alasan itu sudah cukup bagi saya untuk mengejarnya mati-matian. Tapi alhamdulillah ga mati.

Seperti anak kecil lainnya yang ngerasain jatuh cinta.Tiba-tiba dunia saya dipenuhi dengan namanya. Tiba-tiba seluruh tulisan dipapan tulis berubah membentuk wajahnya. Tiba- tiba semua teman saya wajahnya mirip dengannya. Bahkan wajah abang siomay yang jualan batagor didepan gerbang sekolah juga ikut-ikutan  mirip  sama wajahnya. Ajaib cinta bisa merubah wajah siapapun menjadi wajah seseorang yang kita sukai dan saat itu saya tersadar kalau saya sedang jatuh cinta. 

Karena jatuh cinta tiba-tiba saya ga bisa mikir.Otak ini cuma mau diajak berfikir kalo ada urusan yang nyangkut masalah Deya. Buktinya ketika saya kebelet pup tiba-tiba saya ga bisa mikir musti ngapain, saya sempet ke toilet tapi nyampe toilet saya cuma ngelamun. Saya tetep makan tanpa ada yang dikeluarin dan akhirnya genap sebulan saya dioprasi. Saluran pengeluaran saya rusak karna jarang dipake dan akhirnya dokter mengoprasi dan menyambungkan saluran pengeluaran saya dengan mulut. Jadi makan dan pup satu jalur. kentutpun juga musti lewat mulut. Dan saya musti merubah gaya pup saya setelah itu. Jangan dibayangin. Dan sekali lagi itu semua gara-gara apa,gara gara jatuh cinta men.   

Pernah guru saya bertanya kepada muridnya siapa penemu bola lampu, rasanya saya ingin mengangkat jari dan menjawab “Deyaaaa pakkk” lalu pak guru tanya lagi sambil mengerutkan bibir “kok tau” eh “kok bisa?”. Dengan muka diganteng-gantenginin saya jawab “ iya Deya pak, cuma Deya yang bisa nemuin bola lampu buat menyinari seluruh ruangan di hati saya .. lalu pak guru hatinya tersentuh , tersenyum bangga, menatap lembut ke mata saya dan bilang “asuuu koe minggato le”. Jangan pernah bercanda, berdebat apalagi menjawab pertanyaan yang diajukan seorang guru ketika tanggal tua.  

Contoh ni:
Guru:  DHIAS SATU DITAMBAH SATU BERAPA!!!!CEPEEET JAWAB!!!!”
Dhias: ” DUA KAN BU”  (saya menjawab dengan muka dipinter-pinterin)
Guru : “KAMU KOK sok TAU GITU, KAMU SOMBONG BISA NGEJAWAB PERTANYAAN IBU, KAMU MAU SOK JAGO MATEMATIKA, KAMU UDAH NGERASA MUKA KMU MIRIP KAKULATOR TRUS SOK2 JAWAB GITU.” (guru tiba-tiba marah sambil mencet-mencetin jerawat saya)
Dhias : “TAD..TADII YANG TA..NYA KAN IBU..TPI.. TPI.. JAWABAN SAYA BE.. BENAR KAN BU..”
Guru : KAMU MAU  SOK BENAR, KAMU TU MASIH KECIL TAPI NGERASA JADI TUHAN. KAMU NGRASA KAMU GA PUNYA SALAH. KAMU ITU KALO DIOMONGIN NGEYEL BLABLABLABA...(saya diceramahi sampai  kiamat tiba)
Dhias : ARRRRRGGGHHHH PEDRO ANA AMIGOS SEMPREE, KAMPRETTT KENAPA JADI KAYAK SINETRON GINI TUHAAAN.. 

GURU YANG TERTUKAR”  END

Ketika mid semeter saya yakin tanpa belajar pun saya bisa,knapa? karena saya jatuh cinta men. Semua pertanyaan mid semester pasti ada pilihan gandanya kan. Saya sempat berfikir untuk menjawab semua pertanyaan dengan jawaban “D” demi ngebuktiin rasa cinta saya ke dia. Tapi perasaan dikalahkan logika. saya lebih takut kalo orang tua saya marah-marah karena nilai mid semester saya hancur, belum lagi kalo saya ketahuan sengaja menjawab semua pertanyaan dengan jawabab “D”  pasti orang tua saya tanya “heh kamu anak setan, ngapain kamu jawab “d” semua?” dan jawaban terbaik yang saya miliki adalah “anu mak itu sebagai pembuktian cintaku sama cewek yang aku sukai mak, nama depannya mewakili semua jawaban mid semesrterku mak, percayalah mak percayalah”. Emak langsung diskusi sama bapak  buat nyoret nama saya di kartu keluarga.
 
Sekarang saya yang biasanya biasa- biasa aja kalo ketemu dia jadi sering salting salting ga jelas gitu. Saya jadi sering guling-guling dipasir kalau ketemu dia. Suka pipis dipohon dengan kaki diangkat satu. Kadang temen sendiri saya pipisin. Pernah saya ketemu dikoridor sekolah niatnya mau nyapa pake senyum yang manis tapi kampret saya reflek senyum mesum, alhasil dia langsung mencuci matanya dengan pasir 7 kali setelah liat senyuman saya.dan saya sadar apapun yang pingin saya lakukan saat itu jadi salah tak terkendali tak sesuai konsep awal, dan selalu berakhir ZONK!! Maka agar proses pdkt saya lancar,saya harus menghilangkan kegrogian saya terhadap Deya dengan berani-beraniin diri maen kerumahnya. Setelah berhasil memaksa teman  untuk menemani, saya siap untuk kerumahnya. 

Rumahnya ga jauh tapi kalo naek onta bisa berhari-hari, lagian nyewa onta disini juga susah. Saya kesana sama andika pake motor, sebelum saya kesana saya sudah sms dulu,pake hape dan nomornya bapak. Hapenya dari tanah liat dibakar,mirip batu bata. Dulu ditempat saya belum banyak yang punya hape, paling cuma beberapa temen yang punya hape. Beda sama anak-anak sekarang, masih dikandungan aja udah maen fb ama twiter. Kadang chatting lewat Whatsup atau line sama temennya yang juga masih dalam kandungan. Suka uplod foto alay  diinstagram waktu di dalam perut ibunya, kadang suka ngeluh distatus kalo perut ibunya sempitlah, gelaplah, ga ada colokan buat ngechas hape lah. Ayolah dek please!!.

Saya dan deya janjian bertemu didekat rumahnya, pingin sih maen kerumahnya, masuk gitu say hai sama bapak ibunya ngomongin tanggal pernikahan, tapi waktu itu saya masih smp belom kepikiran sampai sana. Lagian boro-boro mo masuk rumahnya liat bapaknya aja udah takut setengah mati. Sampai sana saya ngobrol sama deya dan ga lama kemudian bapak deya muncul dari kejauhan dengan motor dan tampang sangarnya. Mau tak mau saya sama andika tancap gas  dan kabur dengan kekuatan yang ada, saya dan andika lari ke arah yang berbeda, critanya ngecoh gitu, tpi sialnya saya ketemu bapaknya lagi waktu mau balik, saya berhenti, saya liat muka bapaknya dalem dalem seperti adegan koboi mau perang.Dan saat bapaknya berkedip dalam hitungan seperkiandetik saya muter balik lalu ngacir pulang cari jalan laen.

Laen waktu saya maen kerumahnya lagi kali ini pake sepeda, dulu naek sepeda udah keren tpi sekarang anak-anak sd aja udah bawa motor. Pernah saya digleyer(bahasa indonesianya apa ya) anak sd,”brum brum ” saya kaget  saya marah dan menepi, takut. Saat anak sd itu sudah jauh saya baru berani melanjutkan perjalanan. Hari-hari berikutnya saya pingin balas dendam, saya udah hapal jam berapa dia bakal lewat situ lagi, saat dia muncul saya pepet dia dan saya gleyer balik, niatnya biar kaget. Tapi bodohnya saat itu saya pakai motor matic jadi bukannya dia kaget malah saya yang nabrak pohon. Saya memprediksi anak-anak pengguna motor diusia dini bakal bertambah banyak tiap tahunnya, mungkin 10 tahun lagi anak yang baru lahir langsung disuruh orang tuanya untuk ikut ujian sim, atau mungkin sudah dikasih motor saat didalam kandungan. Jadi waktu keluar anaknya bisa langsung naek motor dan ikut balapan liar. Semoga tidak.

Nah waktu kerumahnya (rumah neneknya) kali saya ditemanai teman saya, kebetulan temen saya ini cewek saya harap bisa mencairkan susana. Saya masuk sama temen saya yang cewek itu. Saya benar-benar beruntung bisa kerumahnya. Saya tak akan menyianyiakan kesempatan ini saya akan ngobrol banyak sampai mulut saya berbusa, tapi kampreet  ketika saya mau ajak ngobrol tiba-tiba saya lupa apa yang pingin saya omongin, kata-kata yang sudah saya susun dari rumah, saya latih didepan cermin mendadak hilang. Dan akhirnya Deya ngobrol dengan teman saya, dan saya cuma diam melihat mereka ngobrol, sesekali saya melihat semut dan mengajaknya ngobrol. Hujan turun, mereka melihat keluar dan melanjutkan obrolan mereka didekat pintu sambil melihat air-air yang jatuh dari langit. Saat itu saya merasa dekat  tapi entah kenapa saya juga merasa jauh.  

Valentine, hari dimana banyak coklat yang dibagi-bagikan,biasanya cewek-cewek populer selalu dapat coklat dari antek-anteknya, nah mereka suka membagikan lagi kepada temanya terutama cowok tanpa harapan yang jauh dari berkah cinta seperti saya. Namun valentine kali ini beda, saya ingin memberikan coklat kepada Deya. Sebenarnya saya malu buat beli coklat tapi kebetulan saat itu andika juga hendak membelikan coklat untuk gebetannya, maka kami berangkat cari coklat sama-sama. Besoknya karena ga berani menyerahkannya secara langsung,  saya titipin  coklat itu keteman saya agar  diberikan sama Deya, saat itu saya merasa pecundang sekali. Dan besoknya dia ga masuk, saya tanya keteman saya yang saya titipin coklat kenapa Deya ga masuk, dengan enteng dia jawab”mungkin dia mencret makan coklat lu”. Semenjak saat itu saya ga mau ngasih coklat lagi sama cewek.

Orang jatuh cinta rasanya pingin ngeliat orang yang disukainya secara kontinyu berkelanjutan dan setiap saat. Karena dulu saya ga punya kamera maupun hape yang ada kameranya jadi saya mau ga mau harus profesional curi-curi pandang ke dia dan sering berakhir dengan ketahuan. Karena sering ketahuan curi-curi pandang ditambah gosip kalo saya suka sama dia, proses untuk mendekatinya semakin sulit. Boro-boro mau ngobrol, mendekat saja rasanya berat. Entah kenapa rasanya pingin lari ke masjid wudhu sholat minta didekatkan sama Allah.

Lama-lama Deya sadar kalo saya emang lagi ngejar-ngejar dia,saya mah senang aja kalo dia sadar, tapi faktanya walaupun dia sadar kami tak pernah benar-benar dekat, hanya beberapa kali terlibat percakapan pendek dan sisanya saya cuma berharap ketika saya melihat dia, dia jga melihat saya.

Kami semakin jauh, dia terlihat dekat dengan kakak kelas, adik kelas juga ada yang luamayan dekat dengan dia. Lalu ada teman Deya bilang sama saya kalo saya jangan ngalarang2 “tiiiiiiit”(sensor dia menyebut nama teman sekelas saya) buat dekat sama Deya , “Deya ga suka kamu nglarang2 gitu” 
saya kaget,  demi tuhan (tanpa menggrebrak meja) saya ga penah ngrasa nglarang siapapun buat dekat sama Deya,orang ngobrol aja jarang. Saya mau bilang sama Deya, klarifikasi soal itu kalo perlu ngadain jumpa pers buat jelasin itu semua tapi buat apa. Satu hal yang saya tangkapmungkin Deya dan orang itu memang dekat.

Saya mulai malas-malasan an ngejar Deya. Mau nyerah tapi hati ga rela kalo Deya dapet orang laen. Saya sempet deket sama adik kelas. Saya mencoba untuk suka sama adik kelas itu tapi mencoba beberapa kalipun hati saya baliknya ke Deya lagi ke Deya lagi. Haaah kampreet saya gundah gulana (dulu kata galau belum ditemukan). Dan akhirnya saya berpikir untuk mengakiri kegundah gulana saya dengan melakukan sesuatu apapun itu. 

Setelah berpikir lama saya harus melakukan aksi  harus mulai melakukan tindakan yang nyata, yang laki banget, ungkapin atau saya akan menyesal seumur hidup. Gimana cara nembak dia? Saya berpikir lama, ada beberapa option cemerlang yang lahir dari otak ber iq minus 180 ini.

Cara pertama,  saya nembak sambil nyanyi dangdut lengkap dengan kostum badut, jadi kalopun saya ditolak temen –temen yang laen ga bakal tau klo yang ditolak itu saya. Dan misalnya ada yang curiga dan tanya begini

“Kamu dhias ya?”
“Bukaan, tatap mata saya aku badut baduut baaaaduuuut”
sambil memperagakan gaya tukang gendam.
“Kalo badut kok kurus” tanya dia lagi
“lah emang badut ga bisa cacingan” jawab saya sambil mencari sesatu yang bisa dipukul ke kepalanya.   

Cara kedua, saya culik keluarganya lalu saya kurung disuatu tempat  lalu baru saya lepaskan kalo dia mau jadi pacar saya. yeah lakik baget!!  Oke oke itu kriminal.

Saya rasa kedua option itu busuk semua, lalu saya ingat kalo waktu itu masih jamannya kirim surat cinta. saya sempat beberapa kali memperoleh surat cinta. Dan ini surat cinta yang pernah saya peroleh;

Dear dhias
gorengan yang kamu makan kemaren belom kamu bayar, kamu juga ketahuan nyolong sedotan 2 biji,  segera bayar ya sayang atau nanti aku laporin ke BK. Empat kali empat enam belas sempat ga sempat harap dibalas. ttd Ibuk kantin cutez

Lovely dhias
uang spp ku yang kmu pinjem tolong segera balikin ya, aku tau kamu ga bisa hidup bedak, berhentilah bedakan yas.jijik tau liatnya. Aku saranin kamu juga mulai mainan layaknya lelaki jangan maen barbie atau “keluarga-keluargaan” dimana kamu selalu maksa harus dapet peran ibu, kita jijik punya ibuk lakik. Kamu tau kan papa aku aparat, kamu mau aku aduin ke papa kamu biar dijebloskan kedalam tahanan waria. Atau kamu mau ikut acara tv yang diproduserin paman ku dulu, yang judul nya “be a wariaman” dimana kamu akan diajari menjadi waria sejati dan profesional. Kamu akan diberi pelatihan cara melarikan diri yang cepat dan efisien dari satpol pepe. Tolong insyaf yas.  Ttd Rinapa pakuok num

Wooi dhias
balikin ga kolor gue yang  gambarnya bapak gue, klo dalam jangka waktu tiga hari kolor gue kagak balik, gue bakal datengin sekolah lo. Gue tantang lo duel maen lompat tali, lo ga boleh nghindar awas lo awas!! udah gitu aja. Oh ya gue sayang ama lo!!  Ttd Jupri

Nah dari beberapa surat cinta yang saya peroleh itu saya mencoba menjadikannya panutan untuk menulis surat cinta yang akan saya berikan kepada Deya. Saya tersenyum pasti keren abiz ni surat.

Sebelum menulis surat cinta saya harus tau maksud dan tujuan dari terciptanya surat cinta dimuka bumi. Saat itu saya berfikir surat cinta merupakan satu-satunya ide brilian buat nembak si Deya. Saya merasa surat cinta diciptakan memang untuk orang orang seperti saya. Buat orang-orang yang ga berani ngungkapin cintanya secara langsung. Buat orang-orang yang yakin kalo dia nembak langsung pasti ditolak, buat orang-orang yang mencoba peruntungan cinta dan buat orang-orang yang emang hobi nulis surat cinta. Maka besoknya saya putuskan untuk les nulis surat cinta sama ibu kantin.

Setelah belajar nulis surat cinta selama  4 tahun setengah windu bersama sensei bu kantin akhirnya Deya udah lulus duluan. Ya kagak selama itu kali.  Setelah berguru kesana kemari pulang pergi banten buat belajar ilmu kebal jadi kalo ditolak ga sakit, akhirnya malam itu, malam jumat kliwon saya yakin untuk menuliskan semua kata-kata yang tak tersampaikan selama ini kepada Deya dalam sepucuk surat cinta.

Dimeja sudah lengkap semua perlengkapan buat nulis. Kertas binder yang cantik ,spidol warna warni dan sebagai pelengkap sebuah lipstik. Jadi waktu saya ngecup tu surat, Deya bakal mengenali bibir seksi saya yang lebih terlihat seperti jalan aspal yang rusak.

Saya lupa apa yang saya tulis dulu. Tapi saat menulis itu surat saya kebingungan mencari kata pertama. Kata pertama haruslah sesuatu yang wao banget gitu, yang cetar dan yang romantis. saya bingung akhirnya saya nonton tv dulu sapa tau dapet ide, dan benar baru beberapa menit menonton saya langsung ketemu kata yang tepat untuk mengawali surat itu. “Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh” yah bener pak ustad itu kata yang saya cari. saya ngacungi jempol bangga ke pak ustad yang ada kaca televisi itu, lalu saya mencium keningnya berkali-kali melalui perantara tivi. Lalu saya berbisik “thx brother kamu hebat” sebagai pujian terakhir. Saya lari kekamar dan melanjutkan menulis surat cinta itu. Dari kamar terdengar suara emak  yang panik karena melihat tv yang basah dengan sendirinya.

Akhirnya surat cinta itu selesai, tpi kok ada yang kurang, ternyata saya nulis cuma make satu warna, harusnya kan warna-warni gitu kalo satu warna mah kurang artistik. Akhirnya saya mengulang menulis lagi dan ditengah jalan saya bingung harus menggunakan warna apa dulu. Warna apa yang cocok untuk kata cinta warna apa yang cocok untuk kata sayang, jadian, cantik arrrrgh karena bingung saya mengacak semua warna. Dan akhirnya tak lebih dari dua jam surat keren itu jadi. Sebelum tidur surat itu saya kasih minyak wangi trus saya masukin magic jar biar anget dan ga basi paginya. Sebelum tidur saya cuma berdoa agar semuanya lancar. Dan setelah berdoa saya malah  ga bisa tidur. Panik deg-degan khawatir jadi satu.

Paginya dengan sedikit mengantuk saya membuka magic jar memastika surat itu tetap hangat. Untung  suratnya masih ada. Saya cuma takut suratnya ketelen bapak waktu mo sarapan.  Setelah mandi, pake seragam rapi plus dibumbui minyak wangi aroma terasi saya siap berangkat ke sekolah. Saya minta restu emak saya

Mak doain anakmu ini ya,hari ini anakmu yang paling ganteng  mau melakukan hal besar”

“Kamu mau sunat lagi?”
“Kagak lah mak, hari ini aku mau nembak temen sekelasku mak”

“Iye moga ditolak ye udeh sono berangkat”

Saya marah-marah sambil berangkat ke sekolah pasti emak saya ga pernah ditembak cowok selama ini, makanya sensi gitu sama anak sendiri. Dijalan setiap ketemu orang ntah tetangga, ntah tukang bakso, ntaah anak tk, anak bayi saya mintai doanya, bahkan orang gila yang notabennya ga punya dosa juga saya mintan doanya. Dan berakhir dikejar-kejar sampai gerbang sekolahan.

Dikelas , ternyata atsmofirnya berbeda, yang pernah ngrasain magang dineraka pasti tau rasanya. Saya bener bener ga brani buat ngasih langsung surat itu kedia. saya merasa lemah tak berdaya. Saat saya meratapi diri sebagai pecundang sejati tiba –tiba saya teringat sesuatu. Ini kan surat kenapa harus dikasih sendiri, harusnya kan dikasih pak pos biar pak pos yang ngirim. Yeah saya bukan pecundang, surat itu memang harus ada perantaranya, kalo dikasih sendiri saya akan merusak essensi suci jiwa luhur pekerti dari berkirim surat. Saya lirik keteman saya sapa yang cocok jadi pak pos, saya cari yang kulitnya orange dan ga ada. Akhirnya saya meminta salah satu temen cewek dikelas yang deket dengan Deya agar mau ngasih surat cita saya ke Deya. Saat perjalannan pulan sayang ketwa-ketawa sendiri ternyata gampang kenapa ga dari dulu saya nulis surat cinta.”Gini doang mah saya bisa hha” saya ketawa bangga karena berhasil memberikan surat itu kepada Deya melalui prantara pak pos yang saya bayar dengan permen karet YOSAN.    
Malamnya saya ga bisa tidur lagi..

Tak lama setelah saya ngirim surat dia ngirim balesannya. Saya benar-benar ga sabar pingin buka surat balasan dari Deya, dengan semangat pingin boker saya pulang cepat.  Saya lari dari sekolah ke rumah dan balik lagi ke sekolah. Kampreeet suratnya ketinggalan di laci meja. Setelah yakin tak ada lagi yang tertinggal saya pulang dan kali ini ga pake lari, capek.  

Sampai rumah saya mencoba menenangkan diri. saya melihat video-video mario teguh yang saya download dari youtube (oh dulu belum ada), saya wudlu dulu sebelum baca surat balasan dari Deya dan  akhirnya tak lebih lima menit saya selesai membacanya.

Krik krik hening.

Saya tak tau harus berekspresi apa.Tak lama kemudian saya lompat-lompat ,buka baju,  buka celana, naek ke lantai dua , terjun bebas dari atas , dan mendarat dengan  kepala terlebih dahulu. Saya raba kepala alhamdulillah gapapa, saya coba raba pantat dan ternyata berdarah, dan sesaat sebelum pingsan saya tereak “kampreet ngapain pake loncat”

Hal itu akan saya lakukan kalau nyawa saya sembilan, saya masuk angin aja rasanya mo mati apalagi loncat dari lantai dua. Dan kenyataannya saya cuma diam lalu menghela nafas  “fuuih cuma dianggap temen”. “ hahaha Cuma temen hahaha” kali ini disertai dengan meneteskan air mata dikit( seember itu dikit kan) “huft ditolak”. Tidaaaaaaaaaak!!!!  

Apanya yang nggak bang? Tanya juru parkir yang kaget tiba-tiba saya tereak
“Eh kagak, tadi lu cerita apa”
“Lah bang kan saya udah cerita banyak, gimana sih bang kan saya curhat baik-baik ditanggepin dong blablabala….” Ngoceh sampai kiamat
Karena berisik saya naruh telunjuk ke mulut dia, saya tatap matanya tajam sambil bilang

“Lu sama cinta pertama lu sempet pacaran kagak?”

“Sem..sem..sempal bang eh sempat bang” jawab dia terbata-bata
“Lu beruntung tau seenggaknya lu sempet dapet hatinya, lu sempet pacaran sama dia,kurang apa lagi!! bodo lu!!” jawab saya emosi sambil noyor-noyor kepalanya.

Dijalan saya mengendarai sambail melamun, teringat rasanya pertama kali nembak dan ditolak. Sakit.
setelah itu banyak yang berubah dari sikap saya, saya jadi lebih banyak diem. Diem diem terus nangis dipojokan pup dicelana dan kentut lewat mulut. Saya tau kalo ini dibiarkan ini akan mengancam masa depan saya

Selama masa berduka saya kebanyakan sedih dan lupa dengan teman teman saya. Saya mulai ngobrol dengan teman- teman dan ternyata benar kata orang  teman-teman bisa membuatmu lebih baik.
Teman juga yang menyadarkan saya untuk ga selalu bersedih. 

“lu napa sedih amat??”
“Ditolak bro”
“dan lu bakal sering ditolak cewek kalo muka lu sedih gitu. Lu cowok kan?
“iya lah” saya tereak yakin setelah ngecek gambar jenis kelamin dikartu pelajar saya
“sono cari yang laen”

Saya diam. Dia ngajak saya untuk bergabung sama anak-anak jomblo lainnya. Tapi saya menolak karena mereka terlihat homo.  

“Cari yang laen” saya mengulang kata –kata itu dalam piiran saya. Mungkin tuhan telah memberi perintah  kepada jibril untuk menyampaikan wahyu kepada teman  saya ini . Setelah mendapat wahyu akhirnya teman saya mulai  mengaku-ngaku  dirinya sebagai nabi cinta dan membawa misi perdamaian cinta. Dan karena dia nabi cinta dia datang kesekolah untuk mencerahkan pikiran saya yang sedang kalut tentang cinta. Lalu dia dikecam banyak pihak dan tak pernah jadi nabi lagi. Sayang sekali.

Cari yang lain cari yang laen, gimana saya mencari yang laen kalo hati dan pikiran selalu kepikiran tentang dia. Hal yang paling susah pada saat itu adalah proses melupakan, dimana kami selalu bertemu disekolah setiap hari.Tak mungkin meminta orang tua memindahkan saya dari sekolah itu. kalo disetujui pasti saya akan disekolahkan di kebun binatang terdekat bersama monyet dan binatang berekor lainnya. Saat itu menghindar adalah hal terbaik  yang bisa saya lakukan. Menghindar adalah cara alami anak labil saat itu. Menghindar merupakan cara terbaik untuk meminimalisir sakit hati, rasa sedih dan puluhan rasa ga enak yang menyertainya. Cara busuk yang dilakukan oleh orang-orang yang tak berpengalaman dalam patah hati.

Kami tak bisa ngobrol lagi, saya tak mampu melihat dan berbicara dengan dia, kadang saya menyesal, andai saja saya tak pernah jatuh cinta kepadanya mungkin saya bisa bersamanya walau hanya sebagai teman.  

Tapi dari awal saya sudah mengambil resiko apapun itu. Dan harga yang harus saya bayar adalah tak bisa menciptakan suasana pertemanan seperti sedia kala seperti sebelum saya suka dengan Deya. Berat rasanya ketika kami dinaungan kelas yang sama tapi sampai lulus pun  saya  tak pernah bisa bicara dengan dia. Tak bisa ngobrol layaknya teman. Saya benar-benar tak ingin menciptakan jarak yang semakin hari semakin jauh . Tapi dengan tidak adanya komunikasi keinginan tersebut tak pernah terwujud sampai saya lulus.

Dan Kelas 3, dimana saya mengambill langkah awal untuk benar-benar melupakanya. Saya sadar melupakan dia merupakan langkah awal untuk menemukan yang baru. Melupakan sampai benar-benar lupa dan mencari seseorang yang baru tanpa boleh menoleh kebelakang. Simpel tapi susah dan butuh waktu.

“Tumben udah pulang yas” emak saya membukakan pintu
“iya mak lagi ga mood”  

Saya naik kelantai dua merebahkan tubuh diatas kasur dan mencoba memejamkan mata. Teringat semua hal yang bodoh yang saya lakukan hanya untuk mengejar Deya. Dan ternyata kegagalan itu benar-benar menjadi pembelajaran yang berarti disaat anak putih biru ini baru saja mengenal cinta. Dia menjadi jam pertama dalam mata pelajaran cinta disekolah. Dan karena itu, walaupun saya gagal mendapatkan hatinya saya tak pernah menyesal menjadikannya cinta pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar